Sering kali, pekerjaan didapatkan dengan melakukan sejumlah inisiatif.
Mencari
pekerjaan memang hal yang cukup menantang dan untuk beberapa orang,
tidak gampang diraih. Banyak orang mengirimkan ratusan lamaran tanpa
dipanggil untuk wawancara sama sekali. Jika situasinya seperti ini, apa
yang bisa kita lakukan?
Ada delapan cara cerdas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan
1. Jaringan
Banyak
sekali pekerjaan yang sebenarnya tidak dipublikasikan atau diiklankan.
Jadi cara cerdas untuk menemukan pekerjaan adalah membuat hubungan dan
jaringan dengan orang-orang. Banyak-banyak bergaullah. Semakin banyak
orang yang Anda kenal, semakin bagus kesempatan Anda mendengar adanya
kesempatan kerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Jadi
jangan pernah kehilangan kesempatan untuk membuka jaringan dengan orang
lain.
2. Sesuai spesifikasi
Kesempatan
lainnya adalah menulis surat yang sesuai spesifikasi. Ini sangat
relevan jika Anda memiliki sejumlah karier tertentu yang Anda inginkan.
Susun sebuah surat pertanyaan apakah ada lowongan yang sesuai
spesifikasi pekerjaan yang Anda inginkan atau untuk tetap menyimpan
resume Anda dan menghubungi Anda jika ada lowongan yang sesuai dengan
yang Anda inginkan.
3. Ciptakan pekerjaan
Jika
berburu pekerjaan tidak berjalan baik, maka cobalah menciptakan
sendiri pekerjaan itu. Jika Anda cukup dinamis dan energik, pikirkan
memulai bisnis kecil-kecilan atau menawarkan jasa Anda sebagai
konsultan. Hal ini akan menyita banyak energi dan komitmen, namun bisa
memberikan ganjaran setimpal bagi masa depan Anda.
4. Bergabung dengan organisasi bisnis.
Kebanyakan
kota memiliki sejumlah organisasi bisnis. Bergabung dengan satu atau
lebih organisasi akan lebih memuluskan jalan Anda untuk menemukan
pekerjaan. Ini adalah bagian dari jaringan yang harus Anda buka.
5. Mengobrol
Kesempatan
bisa muncul di tempat-tempat yang mengejutkan dan tak disangka-sangka,
jadi banyak-banyaklah mengobrol dengan orang lain. Anda tidak akan
pernah tahu kesempatan apa saja yang akan Anda raih saat bertemu dan
berbincang dengan orang baru. Bahkan perbincangan tak direncanakan pun
bisa menuntun ke ide dan kesempatan yang lain.
6. Kunjungan
Sebuah
alternatif untuk mengirimkan surat yang sesuai spesifikasi adalah
mengunjungi kantor secara langsung dan bertanya apakah Anda bisa
berbicara dengan manajer SDM. Ini memperlihatkan bahwa Anda memiliki
inisiatif. Jika mereka memiliki waktu dan mau berbicara dengan Anda,
maka Anda memiliki kesempatan untuk memperlihatkan pada mereka bahwa
Anda lebih dari sekadar nama di resume.
7. Bekerja sukarela
Kadang
kala, bekerja sukarela bisa menjadi kesempatan untuk memperlihatkan
pada perusahaan bahwa Anda memiliki kemampuan. Namun Anda juga harus
hati-hati jangan sampai dieksploitas dan harus melihat bahwa memang ada
kesempatan mendapatkan pekerjaan di tempat itu. Di luar itu,
mengerjakan secara sukarela, bisa memperlihatkan kemampuan Anda.
menjelma sumber:http://www.beritasatu.com/karier/73821-7-cara-cerdas-mendapatkan-pekerjaan-dengan-mudah.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar