"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Selasa, 13 September 2011

Seniman Sunda Darso Meninggal Dunia


Penyanyi pop Sunda Hendarso atau yang akrab dipanggil Darso meninggal dunia pada Senin (12/9) pukul 14.30 WIB di Rumah Sakit Umum Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Darso meninggal dunia akibat serangan jantung setelah melaksanakan aktivitas kecil di sekitar rumah anak pertamanya di Kampung Mulyasari, Desa Gandasari, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.
"Beliau tidak merasa sakit apapun. Meski begitu, sebelumnya beliau punya penyakit diabetes, hanya penyakit itu sudah sembuh," ujar anak Almarhum, Asep Darso.
Hanya saja, sambungnya, pukul 13.30 WIB, penyanyi yang mendapat julukan Michael Darso, Si Raja Pop Sunda, itu sempat jatuh pingsan sebelum akhirnya dilarikan ke rumah sakit setempat. Sempat siuman sebentar, almarhum lalu mengalami kejang-kejang.
"Waktu kita bawa ke rumah sakit pun dokter yang merawatnya seperti sudah pasrah bahwa beliau tidak akan lama lagi dan sampai sekarang, pihak rumah sakit ataupun dokternya tidak memberi tahu kami apa penyebab beliau meninggal," kata Asep yang berusaha tabah.
Diakuinya, ia sempat mendapatkan firasat aneh sebelum almarhum meninggal dunia. Pasalnya, Darso sempat meminta untuk dibikinkan beberapa pondasi guna membangun "saung" (rumah kecil sederhana). Hanya saja, keinginannya tersebut ditunda karena Asep menyarankan lebih baik dibangun di lain waktu saja.
"Sehari sebelumnya, bapak (Darso) sempat manggung di Soreang dan beliau sama sekali tidak merasakan sakit apapun. Makanya, kami pun merasa terpukul dengan kepergian beliau," ujarnya.
Almarhum Darso yang sudah merilis album sebanyak 300 itu kini meninggalkan enam orang anaknya dari dua istri Annisa yang meninggal dunia terlebih dahulu dan istri keduanya Lina. Kepergian Darso, tak hanya dirasakan oleh pihak keluarga, tapi juga seluruh masyarakat pecinta seni musik Sunda.
Kabar itu didapatkan dari Humas RSD Soreang, Mahendrawan Ismono, Senin. Menurut dia, Darso sudah datang dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 14.30 dan langsung diperiksa oleh tenaga kesehatan di Instalasi Gawat Darurat.
"Hasil pemeriksaan kami, pupil mata tidak lagi bereaksi terhadap cahaya, denyut jantung pada EKG sudah datar, dan respirasinya juga sudah nol," kata Mahendrawan.
Dia tidak mengetahui penyebab Darso dilarikan ke rumah sakit. Namun, diduga dia kelelahan karena mengikuti serangkaian acara halalbihalal di Kabupaten Bandung. Anaknya juga menceritakan bahwa Darso sempat merokok pagi harinya.
Keluarga langsung mengambil kembali Darso dan dibawa ke rumah duka di Desa Gandasoli, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung.
Darso adalah seniman yang menelurkan hampir 300 album musik berbahasa Sunda bermodalkan calung, alat musik dari bambu, dan dipadukan dengan musik pop. Gaya busana yang nyentrik serta kacamata hitam yang akrab melekat di wajah membuatnya dijuluki Michael Jackson pop sunda. Beberapa lagu ciptaannya yang menjadi hit yaitu "Amparan Sajadah", "Kabogoh Jauh", dan "Maribaya".
Selamat jalan kang Darso............Semoga Tuhan menempatkan ditempat yang penuh berkah dan layak disisi Nya, Amin.........................

1 komentar:

  1. alfatihah ...... mugia digampilkeun sagala urusan na ..... #thephenomenonlegend

    BalasHapus