"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Sabtu, 22 Oktober 2011

Kebakaran Pasar Wisata Pangandaran, Kejadian Kedua dalam Kurun Lima Tahun


CIAMIS, Kebakaran yang meluluhlantakkan 68 kios Blogk G Pasar Wisata Pangandaran, Kabupaten Ciamis, diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Kebakaran yang terjadi pada hari Kamis (20/10) pukul 23.45 WIB, merupakan kejadian yang kedua dalam kurun lima tahun.
Hingga Jumat (21/10), pemilik kios masih sibuk mengais reruntuhan sisa kebakaran. Mereka mencari barang yang masih bisa dipergunakan. Sedangkan barang lain yang tidak lagi terpakai karena sudah menjadi arang, disingkirkan.
''Informasi sementara sumber api yang menyebabkan kebakaran tersebut akibat hubungan pendek arus listrik. Penanganan pertama adalah menyingkirkan puing-puing, sedangkan untuk langkah berikutnya masih harus dibicarakan dengan DPRD,'' tutur Bupati Ciamis Engkon Komara usai mengikuti Rapat Paripurna DRPD Ciamis, Jumat (21/10).
Dia mengatakan, secara umum keberadaan Pasar Wisata tersebut merupakan satu kawasan dalam penataan Pangandaran. Dengan demikian untuk langkah berikut, harus mengacu pada penataan keseluruhan kawasan wisata tersebut. ''Pasar wisata tidak bisa dipisahkan dengan penataan pantai Pangandaran. Hal itu merupakan satu kesatuan yang saling mendukung,'' tuturnya.
Engkon mengungkapkan, dana pembangunan Pasar Wisata Pangandaran merupakan pinjaman dari Departemen Keuangan, sebesar Rp 7 miliar. Dalam perkembangannya pemda harus menanggung angsuran hutang, karena banyak pemilik kios yang tidak mengangsur pembayaran kios. saat ini hutang yang masih harus ditanggung Pemda Ciamsi sebesar Rp 1,2 miliar.
Menjawab pertanyaan apakah bekas lokasi kebaran akan dibangun hotel, ia mengatakan tidak bisa memastikan, karena terkait dengan keseluruhan penataan kawasan wisata Pangandaran. Untuk penataan kawasan, lanjut Engkon, dilaksanakan secara menyeluruh, mulai dari kawasan pantai barat maupun pantai timur termasuk sarana penunjang wisata lainnya.
"Kawasan wisata Pangandaran bukan hanya soal pantai tetapi juga fasilitas pendukung seperti pasar wisata, termasuk kawasan pantai yang ada di sekitar Pangandaran,'' ungkap Engkon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar