"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Jumat, 30 November 2012

Lima Desa Terendam Banjir

Hujan yang melanda wi­layah Ciamis Selatan se­la­ma tiga hari berturut-turut mengakibatkan banjir di mana-mana, termasuk di wilayah Ciamis selatan.
Akibatnya hamparan pesawahan di lima Desa di Kecamatan Pangandaran terendam banjir antara lain Desa Purbahayu, Babakan, Pananjung, Wonoharjo dan Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran.
Hujan yang mengguyur Pangandaran pun tak pelak menyebabkan rumah war­ga terendam air. Dari data yang berhasil dihimpun "KP" pemukiman warga yang teremdam air mencapai ratusan rumah.
Ketinggian air pun fantastis yaitu mencapai kurang lebih 1 meter. Be­be­rapa wilayah yang biasa ter­endam yaitu Du­sun Bo­jongsari dan Dusun Bo­jong temple Desa Ba­bakan sekitar 270 Kepala keluarga, Du­­sun Bojongjati Desa Pa­nanjung 55 Kepala keluarga.
Menurut Ketua RT 02 RW 06 Dusun Bojongjati De­sa Pananjung Robino (42) mengatakan, hujan yang menggguyur wilayah Pangandaran sejak pukul 24.00 tersebut mengakibatkan terendamnya hamparan pesawahan dan ru­mah warga di Dusun Bo­jongjati Desa Pananjung. ”Sekitar 50 KK rumah war­ga terendam setinggi 1,5 meter, kejadian ini sudah biasa terjadi setiap hujan lebat,” katanya.
Sementara itu Kapolsek Pangandaran AKP Bujang Harapan SH di dampingi­ngi Kasat Polair Polres Ci­amis AKP Firmansyah di lokasi menyatakan dari ma­lam Jumat (22/11) sekitar pukul 22.00 pihak petugas sudah mengantisipasi ada­nya banjir ke lokasi Banjir di wilayah 5 Desa tersebut. Dia juga meng­himbau kepada semua war­ga agar aktif meronda di malam hari agar bisa mengantisifasi apabila banjir tiba-tiba datang. "Dinas Bina marga wilayah Pa­ngan­daran juga harus membantu agar aliran sungai Cikidang segera dikeruk supaya tidak dangkal lagi yang ,mengakibatkan sering terjadi banjir. Kami meng­himbau kepada Pe­me­rintahan setempat agar menggiatkan ronda kepada para warganya untuk antisipasi hujan dadakan,” Ung­kapnya.
Kasat Polair Polres Ci­amis AKP Firmansyah me­nambahkan telah meng­evakuasi salah satu warga di Dusun Bojongjati DEsa Pananjung yang sedang sakit yang rumahnya terendam banjir. ”Kami bersama anggota tiba sekitar pukul 07.00 dan langsung me­ng­evakuasi keluarga korban ke rumah anaknya," kata­nya.
Sampai berita ini dinaik­an lokasi banjir masih di jaga oleh Tim SAR gabungan dari Polair Pa­ngan­daran, Polsek Pa­ngan­daran dan Bala­wista Pangan­daran menyiapkan perahu karet .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar