"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Sabtu, 18 Februari 2012

Jalan Lingkar Selatan Ciamis Hancur

Ruas jalan lingkar selatan tatar Galuh Ciamis yang merupakan jalur altenatif utama yang menghubungkan Kabupaten Ciamis dengan Kota Banjar, kondisinya rusak berat. Hancurnya jalan tersebut pada ruas jalan antara Kecamatan Cimaragas sampai dengan Cijeungjing, sepanjang sepuluh kilometer.
Sedangkan untuk ruas lingkar selatan mulai dari Imbanagara hingga Kelurahan Benteng, Kecamatan Ciamis, masih dalam perbaikkan. Projek perbaikan lingkar selatan pada tahun 2011 juga tidak tuntas, karena anggaran yang tersedia hanya untuk sepanjang delapan kilometer. Anggaran perbaikan lingkar selatan berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat tahun 2011.
Pantauan ''PRLM'' di sepanjang jalur lingkar selatan yang merupakan jalan Provinsi Jabar, Jumat (17/2), ruas antara Imabagara sampai dengan Kelurahan Cijeungjing sudah mulus, hanya beberapa bagian yang masih belum tuntas perbaikannya. Sedangkan untuk ruas jalan berikutnya ke arah timur Kecamatan Cimaragas, konisinya hancur. Banyaknya badan jalan yang rusak, menyebabkan pengguna jalan kesulitan untuk memilih jalur.
''Terus terang lebih sulit memilih jalur yang baik, ketimbang yang rusak. Hampir seluruh badan jalan rusak, berlubang, batu-lepas, sehingga sangat berbahaya khususnya untuk pengendara sepedamotor. Apalagi kalau malam hari keadaan gelap, banyak kendaraan yang selip akibat terperosok,'' ungkap Didi (41) warga Cijeungjing.
Ia mengungkapkan, kerusakan jalan sudah berlangsung lebih dari dua tahun. Akibat tidak segera diperbaiki kerusakan semakin parah, terutama mulai dari Kecamatan Cimaragas yang berbatasan dengan Kota Banjar meuju arah barat sampai Cijeungjing. Warga beberapa kali membasang tanda seperti tanaman di lokasi jalan rusak, akan tetapi sampai saat ini belum ada perhatian.
''Kami iri dengan perbaikan di ruas Imbanagara, yang meskipun belum tuntas, tetapi sudah kelihatan bagus. Mengapa perbaikannya tidak sampai wilayah sini,'' ungkapnya.
Berkenaan dengan hancurnya lingkar selatan, sebelumnya Bupati Ciamis Engkon Komara juga mengungkapkan bahwa perbaikan jalur tersebut dilaksanakan secara bertahap. Untuk memperbaiki lingkar selatan diperkirakan membuthkan anggaran sekitar Rp 30 miliar.
''Sebenarnya kami juga berharap dilakukan perbaikan secara menyeluruh, akan tetapi kenyataannya provinsi baru menganggarkan untuk sebagian. Mudah-mudahan tahun 2012 ini dapat kucuran bantuan untuk memperbaiki ruas lingkar selatan yang selebihnya,'' tuturnya.
Kepala Dinas Bina Marga Energi dan Sumber Daya Alam Kabupaten Ciamis, H. Deden Wahidin, mengungkapkan 70 persen dari 2.600 kilometer ruas jalan kabupaten di wilayah tatar Galuh Ciamis dalam kondisi rusak parah. Terbatasanya anggaran menjadikan Pemerintah Kabupaten Ciamis tidak mampu memperbaiki seluruh ruas jalan dan jembatan yang diperkirakan bakal menghabiskan anggaran sebesar Rp 500 miliar.
''Sampai kapan pun, jika tida ada bantuan dari pusat atau provinsi, Pemerintah Daerah Ciamis tidak bakal mampu memperbaiki seluruh jalan rusak. Untuk memperbaiki seluruh ruas jalan kabupaten yang rusak paling tidak butuh anggaran sekitar Rp 500 miliar. Dengan anggaran terbatas, maka harus ada prioritas perbaikan,'' katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar