"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Kamis, 15 Agustus 2013

Selama Mudik & Balik, Angka Kecelakaan Lalulintas di Ciamis Menurun Tajam

CIAMIS,-Angka kecelakaan lalulintas arus mudik maupun balik lebaran di wilayah Kepolisian Resor (Polres) Ciamis hingga Kamis (15/8/2013) menurun tajam dibandingkan kejadian serupa tahun lalu. Penurunan tersebut berkenaan dengan semakin tingginya kesadaran pemudik sepedamotor yang tidak lagi membawa barang melampaui batas.
"Hasil rekapitulasi data kecelakaan lalulintas pada saat arus mudik maupun balik lebaran saat ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Sebagian besar kecelakaan masih dimonasi oleh sepedamotor. pantauan di lapangan menurunnya angka kecelakaan itu juga tidak lepas dari semakin tingginya kesadaran pemudik dalam berlalulintas," tutur Kepala Unit (Kanit) Laka Lantas Polres Ciamis Inspektur Polisi Satu (Iptu) Husen Sujana, Kamis (15/8/2013).
Dia mengungkapkan berdasar rekapitulasi kejadian kecelakaan selam arus lebaran, pada tahun 2013 ini tercatat 13 kali kecelakaan, 3 orang meninggal dunia, 24 korban luka ringan, serta kerugian ditaksir mencapai Rp 21 juta.
Jumlah tersebut, lanjut dia sangat menurun dibandingkan kejadian serupa pada masa lebaran tahun 2012. Pada saat itu tercatat 31 kecelakaan, 8 korban meninggal dunia, 49 korban luka ringan dan kerugian Rp 41,2 juta.
"Jika melihat data yang ada, maka angka kecelakaan lalulintas semasa lebaran mengalami penurnan hingga 100 persen. Ini merupakan kecenderungan yang positif, pemudik tidak lagi memaksakan diri membawa barang atau membawa penumpang melebihi kapasitas. Kami juga berharap untuk kedepan, angka kecelakaannya bisa lebih ditekan," ujar Iptu Husen Sujana
Iptu Husen Sujana mengungkapkan sebagian besar kecelakaan yang terjadi selama arus lebaran itu melibatkan sepedamotor. Hal itu, menurutnya juga berhubungan erat dengan jumlah pemudik yang naik sepedamotor masih mendominasi arus mudik maupun balik lebaran.
"Seperti tahun lalu, sepedamotor juga mendominasi arus lalulintas lebaran. banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan, salah satunya adalah pengedara yang terlampau capai, atau lelah katrena menempuh perjalanan jauh," jelasnya.
Sementara itu hinggaKamis (15/8)2013) arus lalulintas di jalur utama lintas selatan juga masih cukup ramai. Setidaknya dapat dilihat dari beberapa rombongan pemudik yang nasik sepedamotor. Selainh itu juga sejumlah pemudik yang naik mobil pribadi juga cukup banyak.
Di wilayah perbatasan antara Kabupaten Ciamis dengan Kota Banjar, masih dipasang beberapa rambu tambahan pemisah jalan. Selain itu juga papan penunjuk arah baik untuk kendaraan yang melaju dari arah timur menuju barat maupun sebaliknya juga masih tetap dipasang. Hanya saja sejumlah pos polisi sudah sepi.

Sementara itu di jalur lintas selatan di depan pos perbatasan antara Provinsi Jawa barat dengan Prov. Jawa tengah masih cukup ramai. Petugas juga masih terlihat sibuk mengarahkan kendaraan. Sedangkan jalan Moh. Isa yang selama ini menjadi salah satu titik terjadinya antrian panjang kendaraan juga masih dipasang rambu pemisah jalan yang panjangnya hingga lebih dari 200 meter.(Ab@h**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar