"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Kamis, 16 Mei 2013

Jembatan Baru Penghubung Kuningan - Ciamis



Ciamis.- Warga perbatasan wilayah Kec. Selajambe, Kab. Kuningan dan Kec. Rajadesa, Kab. Ciamis, mengharapkan jembatan yang baru tuntas dibangun sebagai penghubung dua wilayah kecamatan dan kabupaten di daerahnya segera disusul dengan pembuatan ruas jalan penghubungnya. Lebih dari itu, mereka mengharapkan ruas jalan penghubung baik dari wilayah Kab, Kuningan maupun dari Kab. Ciamis yang terhubung ke jembatan baru tersebut dibangun dalam waktu bersamaan.
"Dengan adanya jembatan permanen ini, masyarakat Ciamis yang biasa beraktivitas ke wilayah Kuningan dan sebaliknya, sekarang sudah tidak lagi harus turun menyeberangi Sungai Cijolang. Akan tetapi, hubungan transportasi melalui jembatan ini belum bisa menggunakan mobil, karena belum ada jalan penghubungnya," ujar Djadja Mihardja (70) warga Desa Sukajaya, Kec. Rajadesa, Ciamis, di sekitar jembatan tersebut, Kamis (16/5/2013).
Sementara itu sebagimana pernah diberitakan "PRLM", wilayah perbatasan Kab. Kuningan dengan Ciamis yang terpisah Sungai Cijolang, pada awal tahun 2013 telah disambungkan dengan bangunan jembatan permanen sepanjang lebih kurang 65 meter dan lebar 12 meter. Pembangunan jembatan itu didanai dari APBD Pemprov Jabar tahun anggaran 2012 atas adanya jalinan kerjasama pembangunan antardaerah perbatasan bernama Kuningan Summit yang kini berubah julukan menjadi kerjasama Kuncibersama.
Namun, sejauh ini jalur untuk jalan di dua wilayah kabupaten yang tersambung ke jembatan tersebut, belum dibangun. Di wilayah Kuningan memang sudah dibuat jalur untuk jalan sepanjang lebih kurang 700 meter yang menghubungkan jembatan tersebut ke jalan kabupaten ruas Cipasung-Subang.
Akan tetapi, jalur bakal jalan penghubung tersebut hingga saat ini belum mendapat pengerasan dan belum layak dilalui mobil. Sementara jalur penghubung dari seberang jembatan itu ke arah Kec. Rajadesa, Ciamis sepanjang 2,5 kilometer baru berupa jalan desa berlapis batu.
Diminta tangggapan mengenai hal itu, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, menyebutkan ruas jalan di dua kabupaten penghubung ke jembatan itu, sudah termasuk dalam rencana Kuncibersama. Namun, untuk sementara ini dana Kuncibersama dari provinsi Jabar untuk diarahkan pada pembuatan jalan tersebut, belum turun.
"Saya kira paling lambat tahun 2014 sudah nyambung. Kecuali kalau dana untuk Kunci Bersama dari provinsi turun tahun anggaran sekarang, tahun ini juga ruas jalan penyambung dari Ciamis dan Kuningan ke jembatan itu, tahun ini juga bisa digarap tuntas sesuai rencana," ujar Aang. Ab@h)**Sumber PR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar