"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Rabu, 09 Oktober 2013

ANGGOTA POLRES MENGIKUTI PENGARAHA ASKES DI POLSEK CIAMIS

Sebanyak 92 Orang Anggota Kepolisian Resort Ciamis Mengikuti arahan dari PT ASKES mengenai Jaminan Kesehatan Bagi anggota dan Keluarga di Lingkungan Polri.
Adapun anggota yg hadir sebanyak 92 terdiri dari anggota  masing masing Polsek Jajaran Resor Ciamis dan anggota stap Mapolres Ciamis.
Yang memberikan arahan dari Pt Askes adalah Ibu Ina Beserta stap ASKES Kabupaten Ciamis.
Seperti kita ketahui Sesuai dengan amanat UU 24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial maka mulai 1 Januari 2014 semua warga negara Indonesia akan terlindungi program jaminan kesehatan. Tidak terkecuali Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) untuk anggota POLRI juga akan masuk dalam kepesertaan BPJS Kesehatan 1 Januari 2014.
Dalam roadmap tahapan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan nasional, tepat 1 Januari 2014 terdapat 4 kelompok yang akan menjadi peserta BPJS Kesehatan diantaranya peserta Askes Sosial (16,4 juta jiwa), peserta Jamkesmas (86,4 juta jiwa), peserta Jamsostek ( + 8 juta jiwa) dan peserta TNI dan Polri berserta PNS Hankam ( ­+ 3 juta jiwa).
Menyikapi hal tersebut PT Askes (Persero) bersama dengan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) terkait dengan  Pengalihan Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan dan Pemanfaatan Bersama Fasilitas Kesehatan yang dikelola POLRI kepada BPJS Kesehatan, pada RabuKamis (10/07) di Aula Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan RI. Penandatangan ini dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Kepala Kepolisian RI Timur Pradopo, dan Direksi PT Askes (Persero).
PT Askes (Persero) dengan TNI/POLRI telah membuat kesepakatan pengalihan program yang meliputi mekanisme program pelayanan kesehatan, manfaat pengalihan program pelayanan kesehatan, pemanfaatan bersama fasilitas kesehatan serta koordinasi dan sosialisasi.
Direktur Utama PT Askes (Persero) Fachmi Idris mengungkapkan warga negara Indonesia tanpa terkecuali akan menjadi peserta BPJS Kesehatan, termasuk anggota POLRI. Dan MoU ini akan menjadi payung bersama bagi PT Askes (Persero) dan POLRI dalam upaya mempersiapkan dan sinkronisasi tahapan-tahapan pengalihan kepesertaan.
“MoU ini akan mempermudah langkah kami dalam upaya percepatan tahapan peralihan, mengingat 173 hari menuju 1 Januari 2014 bukanlah waktu yang lama. Kami sangat berterimakasih atas dukungan dari Kementerian Pertahanan dan Kepolisian RI,” ujar Fachmi Idris.
Sementara itu Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro berharap di era SJSN nanti, benefit yang diterima oleh anggota POLRI tidak akan berkurang sedikitpun, bahkan berharap kualitasnya akan bertambah. Tambahan kualitas ini akan semakin nyata melalui pemanfaatan seluruh fasilitas yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk POLRI dan keluarganya.
Selama ini, diluar kondisi gawat darurat, dapat dikatakan bahwa POLRI dan keluarganya hanya dapat mengakses fasilitas kesehatan milik POLRI saja. Sebaliknya, di era BPJS, pemanfaatan fasilitas kesehatan milik POLRI diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam optimalisasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
“Kedepan semoga juga bagaimana pelayanan kesehatan bagi POLRI  yang bertugas di wilayah dan tempat – tempat yang jauh, karena banyak juga anggota Polri yg di daerah ” ujar pembicara dari PT Askes (Persero) beberapa waktu silam.
Kepala Kepolisian Republik Indonesia Timur Pradopo mengungkapkan fasilitas kesehatan yang dimiliki POLRI juga dipersiapkan diri untuk era BPJS.
“Kami juga berharap pemanfaatan fasilitas kesehatan ini akan mendorong untuk  memajukan dan meningkatkan kualitas dari  faskes milik POLRI sendiri. Selama ini memang sudah cukup banyak faskes POLRI yang menjadi mitra atau provider PT Askes (Persero) sehingga saya rasa tidak akan banyak ada masalah,” jelas Jendral Timur Pradopo.

Hingga saat ini, Jumlah peserta POLRI yang menjadi peserta Askes sebanyak 1.135.526 jiwa yang merupakan pensiunan POLRI. Sedangankan fasilitas kesehatan POLRI yang menjadi mitra kerja PT Askes (Persero) sebanyak 109 Rumah Sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar