"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Senin, 22 April 2013

Akses Kuningan-Ciamis Melalui Kecamatan Subang Terputus di Pamulihan


Ciamis,-Ruas jalan penghubung Kab. Kuningan dengan Kab. Ciamis melalui Kec. Subang, Kuningan kini terputus di Desa Pamulihan, Kec. Subang. Dua jembatan pada bagian ruas jalan kabupaten di desa tersebut ambruk memutus transportasi kendaraan akibat diterjang arus sungai. Dua jembatan yang ambruk itu masing-masing jembatan Tarikolot dan Jembatan Cidongkol. Kedua jembatan itu berada pada ruas jalan penghubung antara wilayah kota Kec. Subang ke Desa Pamulihan dan Desa Tangkolo, Kec. Subang, Kuningan, dan selanjutnya tersambung ke wilayah Kec. Rancah, Kab. Ciamis.
Selain itu pada bagian alur jalan tersebut, masih di wilayah Desa Pamulihan, juga terdapat satu titik jalan ambles puluhan centi meter memotong badan jalan akibat terbawa pergerakan tanah. Namun, bagian jalan yang ambles sementara ini masih bisa dilintasi mobil. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Kuningan Hidayat Mu'min, dibenarkan Kepala Desa Pamulihan Dadi Setiawandi, Minggu (21/4) menyebutkan, ambruknya dua jembatan serta amblesnya bagian jalan tersebut, terjadi saat hujan lebat Jumat (19/4) sore akhir pekan kemarin.
Teramati  Minggu (21/4), lebaran badan jalan pada bagian jembatan yang ambruk di kedua jembatan itu, hanya tinggal tersisa sekitar satu meter. Untuk sementara ini kedua jembatan yang putus itu Minggu (21/4) telah disambungkan secara darurat oleh masyarakat menggunakan potongan-potongan gelondongan pohon kelapa. Penyambungan darurat kedua jembatan tersebut, selain melibatkan masyarakat juga mendapat bantuan dari pihak Kecamatan, Koramil, dan Polsek Subang.
"Sebelum disambungkan dengan jembatan darurat begini, kemarin sepeda motor pun tidak bisa melewati dua jembatan ini. Masalahnya, bagian jalan yang masih tersisa di kedua jembatan ini pun, kondisinya sangat rentan ambruk," kata Hidayat Mu'min, seraya menujuk ke arah bagian bawah jembatan Cidongkol, Minggu (21/4).
Hidayat Mu'min dan Dadi Setiawandi, menyebutkan kedua jembatan itu ambruk karena bagian kaki jembatan pada salah satu ujungnya rontok tergerus arus sungai. Selain itu, diduga karena konstruksi jembatannya sudah rapuh dimakan usia. Menyikapi itu, Hidayat Mu'min, Minggu (21/4) menyatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Bina Marga, Kab. Kuningan, untuk merenovasi kedua jembatan tersebut. Termasuk untuk menangani pergerakan tanah di titik jalan yang ambles tersebut tadi.(Ab@h**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar