"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Senin, 24 Desember 2012

Gereja di Ciamis Mendapat Penjagaan Ketat

Sebanyak 21 gereja di wilayah Kota Banjar dan tatar Galuh Ciamis mendapat penjagaan ketat aparat kepolisian. Pengamanan semakin ditingkatkan bersamaan dengan berlangsungnya perayaan misa natal. Untuk pengamanan setiap gereja dijaga enam personil.
"Menjelang natal pengamanan gereja lebih diperketat. Tidak hanya sebelum, akan tetapi juga pada saat dan sesudah misa Natal, pengamanan tetap ketat. Apa yang kami laksanakan itu semata-mata hanya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat nasrani yang melaksanakan natal," tutur Kapolresta Banjar Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo.
Dia mengatakan sebelum dilaksanakan misa, petugas bakal melakukan sterilisasi gereja, dengan demikian saat dilangsungkannya kebaktian keadaan aman. Untuk pengamanan, lanjutnya tidak hanya melibatkan kepolisian, akan tetapi juga pengurus gereja.
"Jadi ada sinergi pengamanan dengan semua pihak. Kami berharap agar iklim kondisif dapat tetap terjaga baik sebelum, pada saat maupun setelah natal," ujarnya.
Di Kota Banjar sendiri terdapat sebelas gereja, yakni dua di Kecamatan Kota Banjar, tiga gereja di Kecamatan Pataruman, serta enam gereja lainnya tersebar di Kecamatan Langensari.
Sementara itu sebanyak 15 gereja di tatar galuh Ciamis juga mendapat pengamanan ketat. Untuk pengamanan juga berkoordinasi dengan pihak pengurus gereja. Pengurus gereja juga diminta aktif melaporkan kepada petugas apabila menemukan hal yang mencurigakan.
"Kami berkoordinasi dengan pihak terkait. Pengurus gereja juga sudah kami imbau segera melaporkan ke aparat apabila menemukan hal yang mencurigakan. Selain itu kami juga berharap iklim yang damai dan tenang seperti saat ini dapat terus berlangsung," tutur Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Ciamis Komisaris Sutisna.
Dia menambahkan sebelum dilaksanakan misa, petugas juga melakukan sterilisasi gereja, langkah tersebut untuk memastikan keadaan aman tempat ibadah tersebut.
Untuk satu gereja, Polres Ciamis menerjunkan pengamanan enam personil. "Kami berupaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat nasrani yang hendak merayakan natal di gereja," tuturnya.
Di Kota Ciamis terdapat tiga gereja, Pangandaran lima gereja, Kecamatan Kalipucang dan Lakbok masing-masing dua gereja, Kecamatan Panawangan, Cisaga dan Banjarsari, masing-masing satu gereja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar