"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Selasa, 19 Maret 2013

BERTAHUN-TAHUN WARGA DUA DESA MIMPIKAN JEMBATAN


KAWALI,  – Harapan masyarakat di wilayah Kecamatan Kawali dan Jatinagara untuk memilik jembatan hanya angan-angan belaka, karena hingga kini jembatan yang menghubungkan Desa Linggapura Kecamatan Kawali dan Desa Cintanagara Kecamatan Jatinagar dan telah bertahun-tahun diimpikan tersebut belum juga terealisasi.Padahal sebelumnya sudah ada petugas melakukan pengukuran kali yang rencana akan dilintas jembatan tersebut.
Kini untuk menyebrang, war­ga hanya memanfaatkan jembatan gantung Cukang Kiwing yang dibangun tahun 1945.Kini kondisi jembatan gantung yang melintas di atas kali Cimuntur sepanjang 30 meter dan lebar 1 meter terbuat dari bambu itu sudah rusak.Kepala Dusun Nanggela Desa Linggapura, Kartiwa mengaku tahun 2011 sudah ada dari pemerintah yang mensurvey. Na­mun tanpa alasan pembanguna jembatan belum terea­slisasi. Padahal masyarakat telah membutuhkannya.
“Mengingat biaya besar, kami tak akan menuntut untuk dibuatkan jembatan permanen. Ka­mi hanya butuh bantuan kawat seling dari baja, tidak se­mua­nya menggunakan bam­bu. Sela­ma ini belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, “ jelasnya.
Sementara Kepala Desa Cintanagar, Said Suradi keberadaan jembatan memang sangat diperlukan warganya. Sela­ma ini kalau ingin pergi ke Desa Ling­gapura jika melalui jembatan jaraknya hanya 2 km, tetapi ka­lau menggunakan jalan lain bisa mencapai 8 km dan harus melewati wilayah tiga desa di Keca­matan Jatingara.
Selain itu, anak sekolah jika akan pergi ke sekolah juga meng­­gunakan jembatan tersebut. Begitu juga dengan warga sekitar jika mau pergi ke pasar, Puskesmas juga harus melewati jembatan tersebut. 
Sementara sekarang kenda­ra­an roda dua tidak bisa melewati jembatan gantung tersebut ka­re­na kondisi bambu sudah ra­puh. 
“Untuk masalah pelebaran ja­lan kami sudah berkoordinasi dengan warga yang ada di dua desa dan mereka sangat merspon sekali, “ jelasnya. )ab@h.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar