"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Sabtu, 02 Maret 2013

Telepon ke 110, Polisi Langsung Datang


Mabes Polri termasuk Polda Kepri telah membuka call center 110 untuk siapa saja yang ingin melapor tindak kejahatan, kecelakaan lalulintas atau apapun sejak seminggu lalu. Jadi, masyarakat tak perlu bingung ingin menghubungi polisi secara cepat.
Bahwasannya, setelah menghubungi call center 110, polisi di wilayah akan langsung merespon aduan masyarakat.

“Operator yang mengangkat telepon dan menjawab adalah operator kepolisian dari Mabes Polri di Jakarta. Sebelum telepon dimatikan, pihak operator call centre 110 akan meminta data di Kota mana tindak kejahatan yang diadukan itu berada dan jenis kejahatan apa yang terjadi. Nantinya dari Mabes Polri akan langsung menghubungi Polres dimana wilayah kejahatan yang diadukan itu terjadi. Jadi tak bisa langsung, sistemnya koordinasi dari pusat ke daerah,’ terang  Kapolda.

Berapa jumlah orang yang menelepon call centre 110 pengaduan per harinya,  Kapolda tak tahu jumlah pastinya. Sebab, data record telepon masuk  call centre pengaduan kepolisian di 110 semua berada di Mabes Polri.

“Mabes Polri kemarin dalam instruksinya menjamin pengaduan masyarakat dilayanan call centre 110 akan ditangani kepolisian di wilayah kejahatan itu terjadi secara cepat. Tapi berapa menit, jam, atau hari, kami sendiri tak tahu. Semua mengenai layanan call centre sepenuhnya berada di pusat,” kata Kapolda.

Kapolda mengakui, layanan call centre pengaduan di nomor 110 saat ini yang masih merupakan tahap pengenalan atau sosialisasi. “Jadi harap dimaklumi lah kalau kalah cepat info itu ditindak lanjuti dibandingkan langsung menelepon dinomor pengaduan Polsek, Polres atau Polda atau langsung  telepon ke nomor kepala kepolisian  di wilayah tindak kejahatan terjadi seperti nomro Kapolsek, Kapolres ataupun Kapolda,’ tutup Kapolda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar