"...........INFO KEJADIAN DI WILAYAH ANDA..........HUBUNGI KAMI DI 110 DARI HP ANDA.........."ds

Rabu, 13 Maret 2013

CIAMIS PERLU DIRANCANG ULANG


CIAMIS, -Kabupaten Ciamis agar mempersiapkan konsep pembangunan yang jelas pasca hilanganya potensi unggulan yang dimiliki Pangandaran.
“Kawasan Pangandaran me-rupakan aset potensial. Kalau sudah hilang, Kab. Ciamis ha­rus merancang ulang konsep pembangunan daerahnya ber­dasarkan potensi dan kondisi yang dimiliki,” demikian disampaikan Ir. Tiwa Sukrianto saat menyampaikan materi pada Musrenbang RKPD Kabupaten Ciamis, Selasa (11/3) di Gedung Islamic Center.
Menurut mantan Kepala Bap­peda Ciamis itu, tantangan pemekaran baik Daerah Otonomi Baru (DOB) maupun Kab. Induk sangat berat. Bahkan hasil evaluasi Kemen-trian Da­lam Negeri dari 205 DOB, 70 persen gagal menciptakan tata kelola, layanan publik dan kesejahteraan. Padahal itu tujuan dari pemekaran.
Menurut Tiwa, dengan hilangnya Pangandaran sebagai sumber PAD? potensial, maka akan berpengaruh terhadap APBD. Oleh karena itu diperlukan terobosan baru dalam meningkatkan efektivitas pemungutan PAD dan menginvetarisir sumber PAD baru.
Disisi lain, kata Tiwa, Kawasan pangandaran bukan hanya andalan Ciamis, tapi andalan Jawa Barat yang sedang dirintis menjadi Pusat Kegiatan Nasional (PKN). Juga salah satu kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
Agar tidak menjadi DOB gagal, kata Tiwa, diperlukan sumber daya aparatur yang kreatif, inovatif dan responsif untuk mengelola pemerintahan dan pembangunan. Pengem-bangan perekonomian yang bertumpu pada sektor pertanian, pariwisata dan bisnis kelautan yang harus didukung oleh sektor lainnya. ab@h

Tidak ada komentar:

Posting Komentar